Manfaat SEO Untuk Website Bisnis Perusahaan

CATAT! Manfaat SEO yang Perlu Anda Tahu

| |

Manfaat SEO yang Perlu Anda Tahu – SEO (Search Engine Optimitation) adalah teknik untuk mengoptimisasikan sebuah blog/website agar mudah terindeks dan berada di daftar urutan teratas di search engine sehingga dapat meningkatkan trafik pengunjung. SEO sangat menentukan rangking sebuah blog/website dimata pencari atau search engine. Sebagus apapun sebuah blog/website kalau pengunjung tidak ada sangat disayangkan sekali. Tetapi untuk belajar dan mengimplementasikan SEO butuh waktu dan kesabaran yang tinggi.

Sebagai perusahaan yang memiliki sebuah website, tentu peran SEO sangatlah dibutuhkan. Bahkan perusahaan tidak masalah untuk mengeluarkan anggaran yang besar untuk menggunakan Jasa SEO bagi website yang mereka miliki. Lalu apa saja manfaat SEO bagi bisnis/perusahaan? Berikut manfaatnya :

  • Menaikkan page rank sebuah website agar terindeks pada search engine sehingga dapat ditampilkan di halaman utama.
  • Meningkatkan trafik pengunjung/ pengunjung web melalui search engine (Google, Yahoo, Bing dan sebagainya).
  • Meningkatkan Brand Awareness.
  • Meningkatkan peluang transaksi.
  • Menjaga Eksistensi bisnis/usaha.
  • Meningkatkan penjualan online.

SEO juga bisa lebih menghemat pengeluaran perusahaan untuk melakukan promosi secara online, apalagi jika semua optimisasi bisa dilakukan sendiri. Namun saat ini banyak sekali perusahaan yang tidak memiliki SDM yang mengerti tentang teknik SEO tersebut, dan memilih menggunakan Jasa SEO dari perusahaan agency dalam memasarkan bisnisnya lewat internet untuk memaksimalkan visibilitas halaman situs mereka di mesin pencari.

Tetapi tidak semua perusahaan jasa SEO yang benar-benar memiliki keahlian dan hasil yang memuaskan. Dan tidak banyak perusahaan jasa SEO yang ada di berbagai kota khususnya kota-kota kecil di Indonesia. Sehingga banyak perusahaan yang salah memilih dan terpaksa memakai jasa SEO abal-abal atau amatiran yang ada di kota tersebut.

Jasa SEO di Pekanbaru

Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, terjadi pergeseran signifikan dari sektor primer (pertanian, pertambangan, migas) ke sektor tersier (jasa) dan sekunder (industri pengolahan) di Pekanbaru. Hal ini didorong oleh pertumbuhan bisnis berbasis online dan kemunculan sektor baru yang inovatif.

Salah satu pendukung dalam peningkatan peluang bisnis tersebut adalah melalui website. Website merupakan media penting yang banyak dimiliki oleh beberapa perusahaan dalam memperkenalkan produk / jasa perusahaannya. Dengan website perusahaan dapat memperkenalkan branding, produk serta jasanya melalui internet.

Namun memiliki sebuah website tidaklah berjalan secara baik tanpa pengelolahan yang benar. Salah satunya bisa Anda lakukan melalui teknik SEO yang berguna untuk memposisikan website tersebut berada di jajaran atau daftar teratas mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing dan sebagainya. Tanpa SEO website ibarat sebuah wadah promosi yang tidak ada pengunjungnya.

Melalui website dan penerapannya yang benar dengan mengoptimisasinya menggunakan teknik SEO diharapkan bisnis dari perusahaan tersebut dapat dengan cepat dikenal dan dikunjungi oleh banyak orang. Semakin banyaknya pengunjung website perusahaan akan berimbas pada semakin tingginya peluang seseorang untuk memakai jasa atau produk yang ditawarkan perusahaan melalui media website tersebut.

Untuk kota Pekanbaru sendiri, tidak begitu banyak orang atau pelaku usaha yang mengerti akan teknik SEO. Sehingga bisnis yang sedang dijalankannya terutama masih terbilang baru pastilah memiliki kendala yang cukup besar dalam mempromosikannya melalui website. Untuk itu diperlukan pengetahuan yang luas akan teknik SEO yang berguna bagi website bisnis Anda tersebut. Namun tidak sedikit pelaku usaha atau pebisnis yang menggunakan Jasa SEO untuk mengoptimisasikan website mereka agar cepat terindeks dan berada di page 1 atau berada di posisi teratas search engine seperti Google.

Ada beberapa teknik SEO yang bisa diterapkan di website Anda tersebut. Salah satunya adalah dengan SEO on Page dan SEO of Page. Untuk lebih jelasnya, simak pengertiannya dibawah ini.

SEO On Page

Yang dimaksud Optimisasi SEO On Page kurang lebih yaitu optimisasi yang dilakukan dari dalam situs web Anda tersebut. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan, misalnya seperti :

  • Memilih URL domain yang tepat sesuai tema website.
  • Pemilihan Template yang Friendly SEO.
  • Memasang Meta Tag.
  • Memasang Keyword dan Description.
  • Membuat internal link, dan img alternatif text pada image (gambar).
  • Melakukan penempatan keywoard yang sesuai di dalam postingan.
  • Membuat Sitemap.

SEO Of Page

Merupakan Optimisasi SEO yang dilakukan di luar website. Dalam membangun SEO Off Page ada dua jenis tindakan. Pertama White hat SEO berarti melakukan tindakan yang aman (Natural) terhadap peraturan yang dikeluarkan Google, dan kedua Black hat SEO berarti menjalankan tindakan pembangunan SEO Off Page dengan cara yang cukup berbahaya bagi website. Saya menyarankan agar Anda melakukan White Hat karena akan berdampak baik berjangka panjang pada website Anda.

Ada berbagai cara dapat dilakukan untuk optimisasi SEO Off Page seperti :

  • Share artikel/postingan ke berbagai Social Media.
  • Membangun sebuah Backlink.
  • Submit Artikel ke Social Boomark.
  • Membuat Releate Post (artikel terkait).
  • Share dan buat artikel terkait di Forum.

Itulah beberapa manfaat SEO untuk website bisnis perusahaan Anda, terutama bagi bisnis UKM maupun perusahaan baru yang ada di beberapa kota besar di Indonesia ini seperti di kota Pekanbaru. Karena di era digital sekarang ini, banyak orang yang mencari berbagai informasi melalui internet. Dengan demikian kita harus jeli dan bisa memanfaatkan secara optimal website sebagai media promosi yang tepat dan efektif di internet pada saat sekarang ini.Untuk mengunakan jasa SEO di kota Pekanbarusaya recomendasikan pada Jasa SEO Pekanbaru Menara Digital.

Selain itu, peran seorang digital marketing juga sangat bermanfaat dalam mempromosikan website maupun branding perusahaan Anda kepada banyak orang khususnya pengguna internet. Dengan seorang digital marketing jelas akan membantu penjualan dari sisi digital (internet) melalui berbagai media platform atau teknologi digital pada saat sekarang ini.

Source: http://www.bosarman.com/2016/10/manfaat-seo-untuk-website-bisnis.html

Similar Posts